Nama : Ratna Sari Dewi
Kelas/NPM : 4KA12/10109903
Mata Kuliah
: Konsep Sistem Informasi Lanjut..
Ø Untuk produk biskuit
kaleng yang dipasarkan di pasar lokal dan juga ke beberapa negara tetangga,
perusahaan apa sajakah yang terlibat sehingga anda bisa membeli produk tersebut
di sebuah supermarket?
Jawab
Untuk dapat
menjalankan suatu perusahaan pabrik biscuit kaleng ini dibutuhkan beberapa kerjasama
dengan perusahaan pendukung untuk dapat terbentuk suatu biscuit kaleng,
diantaranya adalah kerja sama dengan suatu peternakan untuk dapat diambil telur
dan susunya sebagai bahan baku biscuit dan juga bekerja sama dengan pabrik gula
dan terigu juga sebagai bahan baku untuk dapat memenuhi kebutuhan pembuatan biscuit.
Dan jangan lupa juga bekerja sama dengan pabrik seng dan pabrik kertas untuk
kemasan biscuit yang telah dibuat agar terlihat rapih dan menarik konsumen.
Ø Gambarkan supply chain
dari produk ini.
SEVERAL CRITICAL QUESTIONS
1. Where do you source
your materials?
Dalam pembuatan pabrik biscuit kaleng material yang
dibutuhkan adalah telur, susu, gula dan terigu. Dan untuk penambah rasa dapat
digunakan coklat, vanilla atau strawberry sebagai penambah rasa.
2. Where do you process
or convert them?
Proses pembuatan biscuit awalnya pabrik-pabrik pendukung
mensuplai bahan baku yang digunakan untuk membuat biscuit ke departemen
pengolahan bahan baku. Setelah itu bahan baku diolah menjadi barang jadi (biscuit),
setelah biscuit telah terbuat. Departemen pengemasan bertugas untuk memasukan
dan mengemas biscuit yang telah jadi. Bahan baku pengemasan didapat dari pabrik
pendukung seperti pabring seng dan pabrik kertas.
3. What channels of
distribution do you use?
Channels of distributon pabrik biscuit kaleng ini adalah
distributor dalam negeri yang didalamnya juga terdapat pedagang eceran dan
supermarket yang tersebar didalam negeri, dan distributor luar negeri yang
didalamnya terdapat supermarket yang tersebar diseluruh Negara. Serta perusahaan
pendukung yang membantu mensuplai barang mentah.
4. How do you build a
strong relationship with your suppliers and customers?
Cara membangun kerjasama yang baik antara suppliers dan
costomers adalah tidak pernah mengecewakan supplier dan costomers walau masalah
sekecil apapun, memberikan pelayanan yang terbaik untuk mereka.
5. How do you get direct
information from your end-consumers?
Untuk mendapatkan informasi langsung dari konsumen departemen
pemasaran dapat melakukan penyebaran angket yang dapat diisi langsung oleh
customers dan juga dapat memasarkan menggunakan SPG dengan cara memberikan
tester kepada customers langsung.
6. What logistics
structure should you impose?
Pertama-tama suppliers mengirim ke departemen pengolahan
bahan baku dan departemen pengemasan, setelah tiba barang mentah diolah menjadi
barang jadi setelah itu dikirim ke departemen pengemasan. Setelah barang jadi
rapi dikemas. Tugas departemen pemasaran untuk memasarkan barang jadi tersebut.
Pemasarannya dapat dilakukan didalam negeri dan diluar negeri. Dari dalam
negeri department pemasaran dapat langsung mensuplai ke pedagang eceran dan
supermarket agar dapat sampai ke konsumen. Sedangkan dari luar negeri
departemen pemasaran dapat langsung mengirim keluar negeri melalui bea cukai agar
dapat dipasarkan disupermarket disana.
7. How do you coordinate
your information flows and systems globally?
Kita dapat mengkordinasi informasi system dengan cara
membuat suatu departemen khusus untuk dapat mengkordinasi alur informasi dan system
global yang ada. Dan menerima kritikan dan saran yang diberikan konsumen untuk
perusahaan agar dapat memberbaikinya.
8. And how do you set up
incentive systems for all of your partners in the supply chain to optimize
overall performance?
Memberikan fasilitas
yang sangat baik untuk semua partner dan suppliers tanpa mengecewakannya
sedikitpun.
0 komentar:
Posting Komentar